Google Gagal Akuisisi Groupon?


WASHINGTON - Situs diskon online shopping, Groupon, dikabarkan telah menolak akuisisi bernilai miliaran dolar yang diajukan oleh mesin pencari raksaka, Google.

Dilansir Straits Times, Sabtu (4/12/2010), media harian Chicago Tribune memberitakan hal ini dengan mengutip sumber Google yang tidak ingin disebutkan namanya. Sumber tersebut mengatakan jika Groupon memutuskan untuk tetap independen dan tidak menerima tawaran miliaran dolar dari Google.

Google sendiri dikabarkan telah menawar Groupon sekira USD5 miliar. Jika berita ini benar maka penolakan ini merupakan yang kedua kalinya yang dilayangkan Groupon. Sebelumnya Groupon juga pernah menolak tawaran akuisisi dari Yahoo sebesar USD2 miliar.

Situs diskon online shopping itu telah didirikan sejak 2008 dan menawarkan potongan harga untuk sekira 12 juta anggotanya.

Seandainya akuisisi ini menjadi kenyataan, Groupon akan sangat membantu Google untuk mempersonalisasi layanan dan fitur pencarian online shopping yang lebih lokal, khususnya untuk menghubungkan konsumen dengan merchant.

Saat ini situs yang berasal dari kata 'Group' dan Coupon' tersebut melayani sekira 22 negara dan 88 kota. Sejak diluncurkan pada 2008, nilai Groupon saat ini diperkirakan mencapai sekira USD1,35 miliar. Groupon mempekerjakan 250 tenaga pemasaran.
Sumber: http://www.okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar