Hutan Kuno' Ditemukan di Kutub Utara


OHIO - Sebidang bekas hutan kuno ditemukan di kutub utara yang masuk wilayah Kanada, lengkap dengan batang-batang kayu, dedaunan, dan kelopak bijinya, ujar para peneliti. Situs penemuan tersebut dikelilingi oleh gletser dan pohon-pohon berukuran pendek.

Hutan kuno tersebut ditemukan baru-baru ini oleh tim peneliti yang sebelumnya mendengar cerita-cerita dari pasukan penjaga taman di Quttinirpaaq National Park. Taman nasional tersebut berlokasi di pulau Ellesmere Island.

Para pasukan penjaga taman nasional kaget bahwa mereka menemukan sisa-sisa peninggalan pohon besar di wilayah yang umumnya ditumbuhi oleh tumbuhan-tumbuhan kecil, termasuk batang-batang kayu yang berukuran besar.

"Jika anda berjalan di wilayah tersebut, bekas hutan tersebut ada di mana-mana," ujar Joel Barker, ilmuwan dari Ohio State University. Demikian yang dikutip National Geographic, Selasa (22/12/2010).

Para penjaga taman nasional tersebut tidak tahu seperti apa dulunya tempat tersebut, akan tetapi Barker menduga kalau usia pohon-pohon kuno tersebut berusia sekira jutaan tahun.

Barker beserta koleganya juga menemukan dari mana batang-batang kayu tersebut berasal; sebuah lereng yang telah terbawa oleh sungai. Tim Barker juga menemukan lebih banyak batang kayu, juga dedaunan dan kelopak-kelopak biji.

"Ketika kami mulai menarik fosil kayu-kayu tersebut dari tanah, kami masih belum yakin kalau kayu-kayu tersebut berusia jutaan tahun," ujar Barker di pertemuan tahunan American Geophysical Union di San Francisco, California, pekan lalu.

0 komentar:

Posting Komentar