Apple Dituduh Mencuri iCloud


Arizona - Lagi-lagi Apple dituntut atas penggunaan nama produk. Kali ini iCloud jadi sasaran.

iCloud, sistem komputasi awan Apple dituntut oleh iCloud Communications, perusahaan penyedia storage komputasi awan asal Arizona. Perusahaan ini menuntut Apple karena mencuri nama ‘iCloud’, produk bisnis dengan layanan sama.

Seperti dilansir The Next Web, produk dan layanan Apple bernama 'iCloud' nyaris sama dengan produk yang dihasilkan iCloud Communications, perusahaan ‘awan’ yang sudah berdiri sejak 2005.

Khalayak umumnya lebih mengasosiasikan 'iCloud' sebagai produk Apple, ketimbang iCloud Communications, sehingga iCloud Communications merasa dirugikan.

Menurut Departemen Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat, iCloud Communications belum punya merek dagang yang terdaftar. Namun terhitung 10 Juni kemarin perusahaan tersebut tetap mengajukan tuntutan ke Pengadilan Arizona atas setiap keuntungan Apple yang didapat dari nama ‘iCloud’.

Sebelumnya, Apple juga sering dituntut karena mengeluarkan produk-produk berawalan ‘I’, antara lain pada tahun 2007 Apple dituntut Cisco untuk penamaan produk ‘iPhone’, lalu pada 2009 dituntut Fujitsu atas penamaan ‘iPad’, dan oleh Innovative Media Group pada 2010 atas produknya ‘iAds’.

0 komentar:

Posting Komentar