MMicrosoft: Standar Grafik 3D untuk Web Terlalu Berat


WASHINGTON - Microsoft mengatakan bahwa web dengan standar grafik 3D, (web-based Graphic Library) WebGL, sangat tidak aman bagi mereka, dalam hal ini mengingat dukungan WebGL terhadap browser Internet Explorer 9.

Dalam sebuah postingan berjudul 'WebGL Considered Harmful' di blog Microsoft Security Research and Defence, tim teknisi MSRC mengatakan bahwa dukungan browser untuk WebGL secara langsung bisa mengekspos kerentanan fungsionalitas di web.

Seperti yang dikutip dari PCR, Jumat (17/6/2011), yang menjadi maksud dari Microsoft adalah standar web 3D bisa membuat para hacker menyerang driver grafik. Firma keamanan independen, Context, juga berhasil mengidentifikasi beberapa kerentanan keamanan WebGL.

Browser Firefox dan Chrome terbaru saat ini sudah mendukung WebGL, namun Context mengatakan bahwa dukungan standar dari browser mereka terhadap WebGL malah mengekspos bagian terendah dari sistem operasional mereka, yang berisiko diakses oleh hacker.

"Semua vendor browser masih bekerja keras agar bisa lolos kualifikasi WebGL," ujar Stewards Khronos dari WebGL Working Group.

Namun pihak Microsoft tetap mengatakan bahwa standar tersebut malah membuat browser menjadi rentan terhadap serangan hack.

"Kami percaya bahwa WebGL akan menjadi sumber dari kerentanan yang sulit untuk diperbaiki. Intinya WebGL bukan sebuah teknologi yang bisa Microsoft dukung dari perspektif keamanan," simpul pihak Microsoft.

0 komentar:

Posting Komentar